3 Jenis Pernikahan Ala Bali

Jelajah Keindahan Ubud dengan Aktivitas Menarik dan Seru
December 8, 2015
Hindari Macet Akhir Tahun di Bali
December 23, 2015
Spread the love
  • 2K
    Shares

Bali memiliki berbagai macam tradisi yang tidak banyak diketahui oleh banyak orang. Salah satunya adalah pernikahan ala Bali. Berikut adalah tiga jenis pernikahan ala Bali:

  1. MEMADIK

Memadik adalah tradisi yang umum di mana anak laki-laki beserta orang tuanya mengunjungi rumah calon mempelai wanita untuk memberi hormat dan secara resmi datang untuk meminang pada hari yang dianggap baik. Ini adalah tradisi yang paling ideal untuk meminang. Namun, prosesnya mungkin akan lebih mahal karena tradisi ini membutuhkan upacara dan persembahan yang besar. Memadik adalah hal yang umum dan lumrah dilakukan untuk meminang oleh seluruh kalangan masyarakat.

  1. NGEROROD

Ngerorod adalah berasal dari bahasa Bali yang berarti kawin lari. Ritual unik ini sangat menarik dengan sentuhan ritual teater. Di mana anak laki-laki dan perempuan akan mengatur pertemuan di suatu tempat untuk menghabiskan malam bersama di rumah pihak ketiga dan kemudian akan dilangsungkan pernikahan. Orang tua gadis akan berpura-pura menjadi marah dan akan mengadakan pesta pencarian namun tidak berhasil sementara pasangan akan mewujudkan pernikahan sebelum persembahan khusus menjadi layu. Pernikahan ala Bali yang sebenarnya akan diselenggarakan dalam waktu 42 hari dari dipentaskan penculikan.

  1. NYENTANA

Sementara Bali memiliki sistem patrilinier yang kuat, Nyentana adalah sistem perkawinan di mana anak laki-laki akan meninggalkan keluarganya dan dipinang atau diminta oleh keluarga si gadis. Hal ini biasanya terjadi jika gadis itu tidak memiliki saudara atau keturunan laki-laki yang mewarisi keluarganya jadi mereka harus meminang suami. Anak itu secara otomatis akan menganggap silsilah keluarga gadis itu dan melanjutkannya. Dalam kasus Nyentana, mereka akan memerlukan persetujuan dari orang tua anak itu sebagai gantinya karena yang menjadi permasalahan tidak semua keluarga atau orang tua yang mau anak lelakinya keluar atau dipinang oleh keluarga perempuan.

 

Steffi Novita
Steffi Novita
She has passion for traveling the world and she definitely loves the ocean