Ngopi Bareng Pashatama, Travel Blogger dan Selebtweet asal Bandung

aktifitas seharian bersama anak di bali
Aktifitas Seharian Bersama Anak di Bali saat Libur Paskah
February 27, 2018
Photo Source : Photo by Michał Parzuchowski on Unsplash
Coffee Shop di Area Denpasar yang Cocok Buat Nongkrong
March 14, 2018
Ngopi bareng Travel Blogger dan Selebtweet asal Bandung
Spread the love
  • 545
    Shares

Bali merupakan destinasi favorit bagi hampir kebanyakan orang. Siapa sih yang gak pernah bosan dengan Bali? Selalu ada tempat – tempat hip baru, makanan baru sampai aktifitas seru yang bisa kamu lakukan di Bali.

Kali ini kami akan mengulas Bali dengan salah satu Travel Blogger dan juga Selebtweet asal Bandung yaitu Shasya Pashatama. Kebetulan akhir pekan lalu, tim Avilla Bali sempat bertemu dan ngopi bareng di Livingstone Café and Bakery dengan Shasya dan anaknya, Biyan. Sedikit cerita mengenai Shasya, dia adalah wanita asal Bandung yang hobi banget makan dan eksplor tempat – tempat anti – mainstream khususnya di Bali. Shasya sudah bergelut di dunia Blogger hampir 14 tahun lamanya, dan selepas resign dari pekerjaannya 2 tahun lalu, ia full menjadi traveler dan penulis. Ia juga salah satu kontributor di salah satu website traveling internasional terkenal – Tripcanvas.

Ngopi bareng Travel Blogger dan Selebtweet asal Bandung

1. Mba Shasya kayaknya udah jadi ikon banget tentang Bali, gimana awalnya orang – orang bisa nge-cap sebagai ikon dan menjadi sumber informasi untuk orang – orang yang mau liburan ke Bali?

Awalnya itu gara – gara banyak nulis tentang Bali. Waktu itu mikir, banyak banget yang jadi Travel Blogger tapi gimana caranya supaya jadi beda, akhirnya aku mengkhususkan diri untuk banyak nulis tentang Bali – jadi kaya menspesialisasikan soal Bali gitu, karena di Bali juga masih banyak banget tempat yang bisa digali. Selain itu, gara – gara aku juga jadi penulis di Tripcanvas, harus sering survey ke Bali dan tahu tentang Bali (karena dulu Tripcanvas namanya masih Mehthesheep dan itu cuma mengulas tentang Bali aja). Dari situ akhirnya banyak orang yang suka nanya itinerary atau tempat stay pas mereka mau ke Bali.

 

2. Sebagai kontributor Tripcanvas Indonesia, tulisan Mba Shasya juga banyaknya tentang Bali, itu diacak atau memang dipilih langsung dari Tripcanvas supaya jadi kontributor khusus Bali?

Itu dipilih sama Tripcanvasnya. Awalnya aku suka nge-retweet tulisan mereka di Twitter karena emang tulisannya kan bagus – bagus apalagi tentang Bali. Lama – lama aku dikontak sama tim Tripcanvas dan di projek pertama aku ditawarin nulis buat Skyscanner untuk bikin tulisan listing “8 Hotel Murah di Bali”. Setelah itu projek berlanjut, karena mereka juga tahu aku sering ke Bali dan nulis tentang Bali, akhirnya aku ditawarin untuk jadi penulis di Tripcanvas.

 

3. Kalau ke Bali sukanya ngapain aja sih?

Yang pasti sih suka ke pantai, karena di Bandung kan gak ada pantai, hehe. Selain itu juga suka ngopi, belanja dan ketemu temen – temen yang tinggal di Bali. Tapi biasanya kalau pergi sendiri gitu, aku agak menghindar sebagai turis jadi gak datengin tempat – tempat yang turis datengin. Sukanya sih living like a local gitu kaya makan diwarung, sarapan Nasi Jinggo, dan lain lain.

 

4. Mba Shasya juga kan terkenal sebagai Food Blogger (www.surgamakan.com), kira – kira rekomendasi tempat makan atau makanan khas Bali apa yang bisa direkomendasikan ke temen – temen?

Wah kalau itu banyak banget. Tapi yang hampir selalu didatengin kalau ke Bali itu adalah Warung Mami di Uluwatu. Jadi mereka cuma jual ikan bakar, udang bakar dan cumi bakar, gak ada yang lain menunya tapi itu rasanya enak banget. Terus ada Nasi Jinggo langganan yang enak banget di Jalan Raya Basangkasa, harus banget deh dicoba. Selain itu, Sate Babi di Pantai Petitenget juga harus dicoba. Warung Liku juga enak, Warung Cahaya juga lumayan meskipun sekarang penuh banget sama turis. Oh, yang harus banget juga Pasar Ikan Kedonganan, itu beneran kita bakal living like a local banget. Disana kamu bisa beli ikan dan seafood sendiri, terus minta bakarin dengan saos macem – macem, selain murah disana juga ikan dan seafoodnya fresh banget.

 

5. Ceritain dong pengalaman yang gak bisa dilupain pas ke Bali?

Ada. Jadi waktu itu abis trip dari Sumba, capek banget dan sebelum pulang ke bandung mampir ke Bali dulu. Terus waktu itu sendirian pergi ke Panama yang di Pantai Berawa itu. Awalnya cuma jemuran badan aja di pinggir kolam, lama – lama ketiduran dan pas bangun taunya udah gelap, haha. Selain itu juga pernah waktu abis nge-host temen – temen Travel Blogger yang famtrip ke Bali. Karena acaranya tuh padet banget sampai beberapa hari, terus waktu itu lagi nginap di Kokonut Suites. Awalnya juga sama, cuma menjemur aja dipinggir kolam, lama – lama ketiduran dan udah sore sampai badan juga jadi gosong banget, haha. Itu sih pengalaman yang gak pernah dilupain pas ke Bali, karena kayaknya gak ada tempat yang senyaman di Bali apalagi suasananya, dan kayaknya cuma di Bali yang bisa ketiduran dimanapun kapanpun, hehe.

 

6. Apa yang bikin selalu pengen balik lagi ke Bali? Tempat, makanan atau orang – orang?

Lebih ke tempat sih, kayak warung – warung pinggir pantai itu, lho. Tempatnya yang low profile, gak terlalu fancy, gak banyak turis tapi nyaman. Kayak 707, Naked Coconut, dan lain sebagainya.

Naked Coconut di Pantai Berawa, Canggu, Bali.

Naked Coconut di Pantai Berawa, Canggu, Bali.


7. Buat temen – temen yang baru mau pertama kalinya ke Bali, kira – kira apa aja yang harus banget mereka lakuin atau datangi?

Kalau bisa experience semuanya sih, ke pantai, makan makanan lokal, belanja ke pasar seni terus nonton Kecak di Uluwatu, is a must sih itu.

 

8. Ada gak tempat anti – mainstream di Bali yang jadi tempat favorit Mba Shasya selama ini?

Pantai Bias Tugel yang di Padang Bai, itu bagus banget.

 

9. Satu kata buat Bali?

Berjemur

 

10. Satu lagi, pantai di Bali favorit Mba Shasya apa?

Bingin Beach, Bingin banget!

Yuk, kunjungi blognya Shasya www.pashatama.com untuk cari tahu rekomendasi – rekomendasi tempat seru khususnya di Bali, atau intip Twitternya @pashatama.

Puspa Siagian
Puspa Siagian
She has decided to make her dreams come true. She works on her bucket list because when she travels, it is the best feeling ever. Also, she is a travel blogger and loves to share her journey with other people.