Menjaga Dunia Dimulai dari Diri Sendiri

plaga wine
Plaga Wine – Wine Lokal dengan Bahan dan Kualitas Impor
April 24, 2018
menjaga dunia dimulai dari diri sendiri

source: IG @treesisters_official

Spread the love
  • 13
    Shares

Pemanasan Global, atau yang biasa kita kenal dengan istilah Global Warming, bukan lagi masalah yang akan kita hadapi di masa depan, melainkan sudah menjadi masalah yang terjadi saat ini. Gejalanya dapat kita lihat dengan mudah. Contohnya adalah perubahan iklim, perubahan musim, dan peningkatan suhu yang tentunya sangat kita rasakan saat ini.

Sekarang tentunya merupakan tugas bagi kita semua untuk menangani masalah global warming yang terjadi saat ini. Gerakan-gerakan peduli global warming pun saat ini sudah banyak dilakukan, diiantaranya dengan melakukan program Green Earth dengan slogan-slogan seperti : “Save our earth !”, “Selamatkan bumi Kita !”, dan sebagainya. Hashtag #earthday dan #earthday2018 pun banyak digunakan oleh para pengguna media sosial dalam mengunggah dokumentasi kegiatan mereka saat memperingati earth day atau hari bumi internasional pada tanggal 22 April 2018 lalu.

Sebenarnya ada banyak cara sederhana yang dapat kita lakukan untuk menyelamatkan bumi dari global warming. Berikut beberapa cara cerdas dan bijak yang dapat kita lakukan.

 

1

Cerdas Menggunakan Energi

cerdas menggunakan energi

source: IG @saveenergylife

Kurangi konsumi energi. Misalnya dengan beralih menggunakan lampu yang lebih hemat energi namun cahaya yang dihasilkan tidak kalah terang, seperti bola lampu neon kompak (CFL). Mematikan alat elektronik ketika sudah tidak dipakai. Dan mempertimbangkan untuk membeli alat elektronik yang hemat energi.

 

2

Bijak Menggunakan Air

bijak menggunakan air

source: IG @elliotforwater

Kita tidak bisa hidup tanpa pasokan air bersih. Namun perubahan iklim sudah membawa dampak pada kualitas dan kuantitas ketersediaan air bersih. Mulailah bijak dalam menggunakan air. Itu bukan hal yang sulit untuk dilakukan. Cukup rubah sedikit kebiasaan sederhana Kita. Misalnya : jangan mencuci piring dengan air yang mengalir terus. Jangan menggunakan terlalu banyak air untuk mengairi taman dan mencuci mobil. Dan sebagainya.

 

3

Bijak Menggunakan Kendaraan Bermotor

bijak menggunakan kendaraan bermotor

source: IG @branchtom

Penggunaan kendaraan bermotor termasuk hal yang sangat cepat dalam hal mempengaruhi pencemaran lingkungan. Kendaraan bermotor akan mengeluarkan asap yang mengandung CO2, yang dapat menyebabkan polusi udara dan pencemaran lingkungan. Dan bahkan para ahli lingkungan telah menemukan indikasi bahwa asap kendaraan bermotor ini turut menjadi salah satu faktor yang mempercepat terjadinya global warming.

Beberapa hal yang dapat Kita lakukan untuk mengurangi dampak dari kendaraan bermotor ini diantaranya : Sebisa mungkin bepergian menggunakan transportasi umum, membeli kendaraan hemat bahan bakar, dan sebagainya.

 

4

Cerdas Mengelola Sampah

cerdas mengelola sampah

source: IG @tripper_nature

Gas hasil pembakaran sampah di tempat pembuangan sampah juga menjadi salah satu penyumbang polusi udara, yang dapat berujung pada global warming. Kita dapat mengambil peran untuk mengurangi dampak tersebut, yaitu dengan memilah dan mendaur ulang.

Pilah sampah yang ada di tong sampah Kita. Pisahkan antara sampah organik, dan sampah anorganik. Untuk sampah organic, seperti dedaunan, Kita dapat mengolahnya menjadi pupuk. Sedangkan untuk sampah anorganik, seperti sampah plastik, Kita dapat mendaur ulang menjadi hal yang lebih berguna, misalnya kerajinan tangan. Namun bila Kita tidak dapat mengolahnya, Kita dapat memberikan kepada pengrajin.

 

5

Cerdas Dalam Berbelanja

cerdas dalam berbelanja

source: IG @bpkpenabur.kelapagading 2

Saatnya kita menjadi pembeli yang cerdas. Pembeli yang tahu informasi mengenai mana produk yang mendukung green earth, dan mana yang tidak. Pertimbangkanlah untuk membeli produk-produk yang mendukung green earth.

 

6

Ambil Bagian Dalam Gerakan Perubahan

Dengan melakukan gerakan green earth bersama-sama, kita dapat mengatasi masalah global warming. Selain itu, dengan melakukan gerakan bersama, suara Kita akan lebih mudah didengar, dan juga Kita dapat lebih mudah menarik orang-orang di sekitar Kita untuk turut berpartisipasi dalam gerakan tersebut.

Selain itu, banyak juga organisasi dunia yang berkecimpung dalam hal memerangi masalah global warming. Kita juga dapat turut ambil bagian bersama mereka, dengan memberikan dukungan dana. Meskipun tidak banyak, namun bila dilakukan bersama-sama, tentu hasilnya akan cukup untuk membantu upaya mereka dalam menyelamatkan bumi.

 

7

Mulai Bertindak!

Global warming adalah masalah besar yang tidak akan hilang dengan sendirinya. Seperti yang sudah dijabarkan di atas, ada banyak cara yang dapat Kita lakukan untuk mengatasi masalah tersebut. Namun cara-cara tersebut tidak akan membuahkan hasil bila Kita tidak melakukannya. Dan waktu yang paling tepat untuk mulai melakukannya adalah hari ini !