Menikmati Nyepi di Bali

5 Kuliner Bali Barat Harus Dicoba
February 21, 2017
Kontes Foto Hari Wanita Sedunia #INICERITAWANITA
March 6, 2017
Spread the love
  • 65
    Shares

Bali memiliki pantai dan landscape yang indah, seribu pura dengan arsitektur menawan, kehidupan masyarakat yang harmoni, tradisi dan budaya yang tak kalah memukau. Setiap tahunnya, Bali pun memberikan ruang secara total kepada bumi untuk bebas bernapas tanpa ada polusi selama satu hari penuh di Hari Raya Nyepi. Tidak hanya alam saja, umat Hindu juga memanfaatkan momen ini untuk menjadi manusia yang lebih baik lagi.

Hari Raya Nyepi tahun ini jatuh pada 28 Maret 2017 mulai pukul 6 pagi hingga 6 pagi berikutnya. Umat Hindu menjalankan satu hari penuh dengan Catur Brata Penyepian dengan tidak menyalakan api, tidak bekerja, tidak berpergian maupun tidak menikmati hiburan.

Jadi tidak ada aktivitas apapun baik di dalam maupun di luar rumah, tidak hanya umat Hindu saja yang menjalankannya, bagi kamu yang sedang dan akan berlibur di Bali bertepatan dengan hari raya Nyepi pun juga diminta untuk ikut serta dengan menghormati tradisi Nyepi dengan tidak membuat kebisingan.

Akses dari Bali maupun ke luar Bali seperti bandara maupun pelabuhan juga tutup selama satu hari penuh, mulai pukul 6 pagi hingga 6 pagi berikutnya. Jadi jika kamu berencana untuk berlibur di Bali akhir bulan Maret usahakan datang satu hari sebelum perayaan Nyepi di mulai. Semua fasilitas umum juga tidak beroperasi kecuali fasilitas vital seperti rumah sakit.

Adapun rangkaian upacara sehari sebelum Nyepi dimulai, yang pertama umat Hindu melaksanakan upacara Melasti untuk menyucikan diri dari segala perbuatan buruk di masa lalu dan membuangnya ke laut. Upacara Melasti biasanya dilaksanakan di pinggir pantai, danau atau sumber mata air.

Setelah itu dilanjutkan dengan Upacara Tawur Agung Kesanga yang dilakukan pada siang hari yaitu untuk mengusir roh-roh jahat agar bisa menjalankan Catur Brata Penyepian dengan tenang di esok harinya. Kemudian dilanjutkan dengan mengarak ogoh-ogoh yang dimulai pukul 19:00 WITA, setiap banjar atau desa akan mengarak ogoh-ogoh keliling jalan.

Apa saja yang bisa dilakukan selama satu hari penuh?

Banyak hotel yang menawarkan berbagai paket Nyepi lengkap dengan berbagai fasilitas seperti spa, co-working space, kafe, kolam renang, gym dan masih banyak lagi. Biasanya hotel-hotel menawarkan paket Nyepi untuk 3 Hari 2 Malam. Di dalam hotel kamu masih bisa keluar dari kamar hotel dengan catatan tidak membuat kebisingan, dan pada malam hari disarankan untuk mengurangi penggunaan penerangan sebagai bentuk untuk menghormati Nyepi. Bagian yang paling seru pada malam Nyepi adalah kamu wajib keluar kamar dan melihat kerlap kerlip bintang dengan langit yang bersih dan selama satu hari penuh kamu bisa menghirup udara yang bersih tanpa polusi.

Berikut adalah hotel-hotel di Bali yang menawarkan paket Nyepi 3 hari 2 malam:

1. Cozy Stay Hotel 

Cozy Stay Simpang Enam

Berlokasi di Denpasar di Jalan Gunung Soputan dan Jalan Pulau Kawe, Cozy Stay menawarkan paket Nyepi 2017. Kamu bisa relaks selama Nyepi tanpa perlu khawatir apapun, dengan kamar yang luas, lengkap dengan fasilitas kolam renang. Jika kamu menginap di sini satu hari sebelumnya kamu bisa melihat pawai ogoh-ogoh di dekat hotel khususnya daerah Denpasar.

Cozy Stay Soputan

 

2. Le Jardin Villas

Le Jardin Villas cocok bagi kamu yang ingin berlibur di Bali saat Nyepi bersama keluarga maupun sahabat-sabahat kamu dengan suasana di hutan hujan tropis, yang semakin menciptakan suasana yang tenang. Le Jardin Villas lengkap dengan fasilitas spa, private pool and garden, kitchen, dan juga ada restoran sehingga kamu tidak perlu bingung soal makanan.

 

3. Berry Amour Villas 

Mau merayakan Nyepi di Bali dengan suasana romantis, Berry Amour Villas pilihan yang tepat untuk menghabiskan hari raya Nyepi dengan orang kesayangan kamu. Paket Nyepi sudah termasuk dengan spa treatment, Balinese’s lunch, romantic dinner, cycling tour satu hari sebelum Nyepi. Selain itu kamu juga bisa relaksasi di pool atau pun jacuzzi, menikmati floating breakfast dan afternoon high tea, dan masih banyak lagi. Buat pengalaman Nyepi kamu berbeda dan berkesan dengan orang tersayang.

 

4. Berry Biz Hotel

Bingung Nyepi mau kemana tapi harus banget kerja dan kejar-kejaran sama deadline? Jangan sedih, Berry Biz Hotel sangat pas bagi kamu yang ingin tetap bekerja pada hari Nyepi dan membutuhkan internet yang cepat.  Berry Biz Hotel siap memenuhi segala kebutuhan pekerjaan kamu, Brown and Butter adalah salah satu co-working space yang ada di Berry Biz, kamu juga bisa memesan coffee, juice, sarapan hingga makan malam di sini tanpa perlu khawatir kamu akan kelaparan.

Brown and Butter

 

5. Alindra Villas

Alindra Villa berlokasi di Jalan Aneka Warga No, 12, Jimbaran tempat ini cocok bagi kamu yang ingin menikmati suasana Nyepi dengan suasana etnik dan arsitektur Indonesia yang kental. Alindra memiliki pilihan pool villas, ethnic villas dan terracotta suites. Jika kamu ingin melihat upacara melasti atau satu hari sebelum Nyepi, kamu bisa melihat prosesi upacara melasti di Pantai Jimbaran atau sekitar 10-15 menit dari Alindra Villa.

 

6. Loft Legian Hotel 

Loft Legian lokasinya sangat strategis dan dekat dengan Pantai Kuta meski tidak ada fasilitas kolam renang, Loft Legian adalah hotel yang nyaman. Sehari sebelum Nyepi kamu bisa melihat upacara Melasti yang diadakan di pantai yang hanya berjarak sekitar 400 meter dari pantai dan di Pantai Legian juga kamu bisa menyaksikan arak ogoh-ogoh di beberapa perempatan utama.

Nah sudah tahu mau pilih hotel atau villa yang mana? Atau ingin melihat lebih detail paket-paket Nyepi yang ditawarkan dan fasilitas apa saja yang bisa kamu dapatkan? Klik link di bawah ini:

http://avilla-hotels.com/nyepi-package-2017/

 

Baca juga:

Perayaan Nyepi di Bali 

Kisah Cinta Romeo dan Juliet ala Bali

Perayaan Galungan dan Kuningan di Bali

Steffi Novita
Steffi Novita
She has passion for traveling the world and she definitely loves the ocean