Megibung: Tradisi Berbuka Puasa Umat Muslim di Bali

3 Restoran Keluarga untuk Berbuka Puasa di Bali
June 20, 2016
4 Tempat Wisata di Bali untuk Liburan Bersama Anak-anak
July 1, 2016

Berbuka puasa di restoran tentu hal yang biasa. Bagaimana jika berbuka puasa bersama-sama dalam satu wadah? Setiap daerah memiliki tradisi-tradisi yang unik, seperti di Bali. Umat Muslim di Bali memiliki satu tradisi yang berlaku turun temurun yang dinamakan Megibung. Tradisi ini dilakukan saat bulan Ramadan yang dipercaya dapat mempererat hubungan antar umat beragama.

megibung - agnesttiranda

Photo Credit IG: @agnesttiranda

Megibung adalah tradisi yang dilaksanakan oleh umat Muslim di Bali dan dilakukan tiap 10 hari sekali selama bulan Ramadan. Jadi, mulai hari ke 10, 20 dan 30. Sebenarnya tradisi Megibung sendiri berasal dari warga Karangasem, Bali Timur.

megibung - adimardangga

Photo Credit IG: @adimardangga

Kata Megibung berasal dari bahasa Bali, artinya kegiatan yang dilakukan oleh banyak orang untuk duduk makan bersama-sama dalam satu tempat dan saling berdiskusi mengeluarkan pendapat. Makan bersama di sini bukan menggunakan sendok dan garpu tapi menggunakan tangan sehingga suasana persaudaran semakin kuat. Tempat atau wadah yang dimaksud adalah daun pisang yang disusun memanjang yang berisi berbagai jenis lauk pauk dan memakannya tanpa harus sungkan saling berbagi dalam satu tempat.

Tradisi ini cukup unik, bukan hanya sekedar melahap makanan yang disediakan tapi momen kebersamaan inilah yang menjadi hal paling penting dalam tradisi ini yaitu untuk mempererat tali persaudaraan. Nah, di Bali sendiri tradisi ini masih dijalankan oleh warga Kampung Muslim Kepaon, Denpasar.

Warga Kepaon tidak hanya umat Muslim saja, tetapi ada umat Hindu. Jadi tradisi ini dimaknai sebagai hubungan persaudaraan antar umat agama Muslim dan Hindu yang hidup saling berdampingan secara harmonis di Kepaon selama ratusan tahun. Tradisi Megibung ini tidak hanya digelar saat bulan Ramadan tapi mereka juga mengadakannya saat Maulid Nabi atau acara pernikahan.

 

Featured image : @Flickr

Steffi Novita
Steffi Novita
She has passion for traveling the world and she definitely loves the ocean