5 Makanan Tradisional Bali yang Murah Meriah

Upacara Adat di Bali
6 Upacara Tumpek di Bali
July 29, 2015
Photo Contest AvillaBali
Kontes Foto Bareng Keluarga Berhadiah Liburan ke Bali
August 5, 2015
Makanan Tradisional Bali Murah Meriah

Photo Credit IG @nyokepo

Spread the love
  • 180
    Shares

Bali tidak hanya keindahan panoramanya saja, tetapi Bali memiliki makanan-makanan tradisional yang juga wajib banget kamu coba. Biasanya daftar makanan tradisional Bali ini mudah kamu temui di warung-warung dan tentu harganya murah meriah. Berikut 5 rekomendasi untuk kamu:

  1. Rujak Kuah Pindang
Rujak Kuah Pindang

Photo Credit IG @iznywily

Rujak pada umumnya berbahan utama buah dan sayuran yang dicampur dengan bumbu kacang. Ternyata ada juga yang diberi campuran ikan yang cuma dapat kamu jumpai di Bali. Rujak ini terdiri dari buah-buahan seperti mangga muda, nanas, bengkuang dan mentimun diiris tipis-tipis dan dicampur dengan kuah pindang. Kuah pindah berasal dari kaldu ikan pindang yang dicampur dengan gerusan cabai dan terasi. Rasa masam dan gurih bergabung menjadi satu dan membentuk cita rasa unik pada makanan tradisional satu ini. Inilah yang membedakan antara Rujak Kuah Pindang dengan jenis rujak lainnya.

  1. Tipat Cantok
Tipat Cantok Khas Bali

Photo Credit IG @jrokemuda11

Tipat Cantok Khas Bali

Photo Credit IG @ayustinakeenan

 

Tipat dalam bahasa Bali artinya ketupat dan Cantok artinya diuleg. Makanan tradisional Bali satu ini berbahan utama beras yang dimasak menyerupai lontong dan diberi bumbu khas Bali antara lain kacang tanah, gula merah, bawang putih, cabai, garam, kencur, dan jeruk limau. Sayuran yang digunakan beragam, seperti kacang panjang, kangkung, tauge, dan tahu yang dipotong tipis-tipis.

  1. Serombotan
Serombotan Khas Bali

Photo Credit IG @yogie_poespadi

Serombotan Khas Bali

Photo Credit IG @testfoodbali

 

Jika kamu pecinta sayuran, kamu wajib mencoba Serombotan. Serombotan terdiri dari sayur kangkung, kacang panjang, tauge dan pare, semuanya direbus secara terpisah. Cara menghidangkannya sayur-sayur yang sudah direbus ditaburi dengan parutan kelapa yang sudah disangrai dan kacang hijau goreng, orang Bali menyebutnya kacang mentik lalu disiram dengan bumbu atau sambal yang pedas dicampur hingga merata. Bumbu untuk Serombotan antara lain terbuat dari santan, tumbukan kunyit, lengkuas, ketumbar, kencur, bawang merah dan bawang putih.

  1. Tipat Blayag
Tipat Blayag Bali

Photo Credit IG @vivi_loe

 

Tipat Blayag Bali

Photo Credit IG @yoggidoggi

Hampir sama dengan Tipat Cantok, Belayag berbahan dasar ketupat yang dicampur dengan kelapa parut yang digoreng dengan bumbu ditambah dengan daging ayam, sayur-sayuran dan sambal goreng. Menariknya kuah kentalnya meleleh seperti bumbu kari. Biasanya tipat ini cocok sebagai menu sarapan pagi.

  1. Lawar
Lawar Makanan Khas Bali

Photo Credit IG @balikalapmakan

Lawar Makanan Khas Bali

Photo Credit IG @balifoodtaste

 

Selain itu, ada makanan yang unik yakni lawar khas Bali. Lawar merupakan sayuran seperti nangka muda, kacang panjang atau papaya muda yang direbus dan dicincang kemudian dicampur dengan kelapa yang sudah dipanggang dan ditambahkan daging cincang yang sudah dibumbui. Lawar ada dua jenis, lawar merah dan lawar putih yang membedakannya hanya pada campuran dari darah daging yang digunakan sebagai penguat rasa.

Demikian daftar makanan tradisional yang murah meriah versi kami. Jangan lupa lihat juga 5 Makanan Khas Bali yang Halal dan Wajib Dicoba