5 Makanan Khas Bali yang Halal dan Wajib Dicoba

Air Terjun di Bali
5 Air Terjun di Bali yang Mempesona
July 17, 2015
Upacara Adat di Bali
6 Upacara Tumpek di Bali
July 29, 2015
Makanan Halal di Bali
Spread the love
  • 4.4K
    Shares

Walau Bali terkenal dengan makanan khasnya yang berbahan dasar daging babi seperti babi guling, sate babi, dan masih banyak lainnya. Tentunya ini membuat kekhawatiran pada sebagian orang khususnya wisatawan yang beragama muslim. Namun kamu tidak perlu khawatir karena kamu masih bisa menikmati makanan khas Bali yang halal. Berikut 5 daftar restoran yang menyajikan makanan khas Bali yang halal:

  1. Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku
Nasi Ayam Kadewatan Ibu Mangku

Photo Credit IG @billyoscar

Nasi Ayam Kadewatan Ibu Mangku

Photo Credit IG @indahmaristhya

 

Jika kamu jalan-jalan ke Ubud, jangan lupa untuk mencoba salah satu kuliner khas Bali yang satu ini. Nasi Ayam Kedewatan merupakan nasi ayam yang dicampur dengan bumbu Bali yang khas dan bisa menjadi pilihan yang tepat bagi kamu pecinta makanan pedas. Makanan ini terdiri dari nasi putih di atasnya ditaburi dengan potongan ayam, telur rebus, sate ayam lilit khas Bali, sayur dan beberapa lauk lainnya. Restoran ini terletak di Jalan Raya Kedewatan No. 18,  Ubud dan buka setiap hari dari 08:00-06:00.

  1. Rumah Makan Kedaton
Rumah Makan Kedaton - Bali

Photo Credit IG @nyokepo

Nasi campur Bali memang kuliner yang paling dicari karena sederhana dan bervariasi. Rumah Makan Kedaton dilengkapi dengan lauk pauk yang tertata rapi di atas sebuah etalase sehingga kamu bisa memilih sesuai keinginan. Lauk pauk terdiri dari sapi dan ayam dengan berbagai jenis olahan, sate lilit, sayur, keripik udang, dan masih banyak pilihan lainnya. Sebagian besar rasanya pedas dan memiliki rasa bumbu khas Bali yang kuat. Jika makan di tempat kamu bisa mendapatkan kuah Jukut Undis (sayur kedelai hitam) secara gratis. Harga yang ditawarkan cukup terjangkau, tergantung dari lauk yang kamu pilih. Ada beberapa cabang Nasi Ayam Kedaton di Bali. Yang paling mudah dicari ada di Jl. Raya Kuta

  1. Warung Mak Beng
david_siswanto_makbeng

Photo Credit IG @david_siswanto

erikaandarwati_makbeng

Photo Credit IG @erikaandarwati

 

Warung Mak Beng sudah dikenal sejak berpuluh tahun yang lalu. Tempat ini secara khusus menawarkan satu paket hidangan saja yang cukup legendaris karena sudah ada sejak tahun 1941, hanya terdiri dari sup ikan, ikan goreng, dan sambal terasi. Kesegarannya ikannya tentu akan menggugah selera kamu. Penasaran dengan restoran legendaris ini? Datang saja ke Jalan Hang Tuah 45 Sanur, tempat ini buka setiap hari dari pukul 09:00.

  1. Gula Bali The Joglo
baliciousid_gulabali

Photo Credit IG @balicious.id

ayudesyanaa_gulabali

Photo Credit IG @ayudesyanaa

 

Bingung mau cari menu makanan khas Bali yang lengkap? Mampir saja ke Gula Bali The Joglo yang terletak di Jalan Merdeka, Denpasar. Di sini kamu bisa menjumpai berbagai makanan khas Bali seperti tipat cantok, tipat plecing, bubur sumsum, es daluman, rujak, dan lain-lain. Gula Bali buka mulai pukul 09:30 – 17:00.

  1. Warung Wardani
eatwithoutworry_wardhani

Photo Credit IG @eatwithoutworry

venessaneary_wardhani

Photo Credit IG @venessaneary

 

Salah satu restoran yang sudah lama eksis di kawasan Denpasar yang menyajikan menu Nasi Campur Khas Bali. Pilihan menu mulai dari Nasi Campur Sapi dan Nasi Campur Ayam yang seporsinya dilengkapi dengan sate lilit, udang goreng, tumis kacang panjang, dan juga sayur nangka. Terletak di Jalan Yudistira No.2, Denpasar dan buka setiap hari dari jam 08:00 – 16:00.