Kisah Cinta Romeo dan Juliet ala Bali

Hadiahi Cokelat di Hari Kasih Sayang, Yuk!
February 12, 2016
Valentine’s Day di Bali, Romantis Banget!
February 14, 2016

Kisah cinta Romeo dan Juliet ala Bali dikenal sebagai kisah ‘Jayaprana-Layonsari.’

6302622554_4c4d97a281_o

Romeo dan Juliet versi Bali

Merupakan kisah seorang wanita yang rela menghabisi nyawanya sendiri karena mendengar sang pujaan hati telah tewas di medan perang. Hingga kini masyarakat Hindu di Bali tetap mengenang kisah itu dengan mendirikan sebuah pura yang berdekatan dengan TKP dibunuhnya Jayaprana.

Kisah ini dimulai ketika anak laki-laki bernama I Jayaprana diangkat sebagai anak angkat seorang raja penguasa dari Desa Kalianget. I Jayaprana tumbuh dewasa dan menjadi pria yang tampan, sang raja meminta Jayaprana untuk mencari calon istri.

a market scene in jayaprana small

Photo Credit: www.thejakartapost.com

Lalu pergilah Jayaprana ke pasar dan langsung terpana melihat kecantikan Ni Layon Sari. Akhirnya mereka menikah atas seizin sang raja.

Tetapi, kecantikan Layonsari membuat Raja gelap mata dan menginginkan Layonsari untuknya. Agar tidak terjadi kecurigaan, Sang Raja mengirim Patih Saunggaling untuk menghabisi nyawa Jayaprana. Layon Sari mendengar berita meninggal suaminya pun sangat bersedih, kesedihannya bertambah karena sang raja datang untuk memperistrinya. Karena cintanya yang teramat besar kepada Jayaprana, Layon Saripun memilih untuk mengakhiri hidupnya menyusul sang suami daripada menikah lagi dengan sang raja.

Sampai sekarang ini kisah asmara ini sangat terkenal di Bali. Makam yang diduga sebagai peristirahatan terakhir I Jayapranapun banyak dikunjungi sebagai salah salah satu obyek wisata di Bali. Untuk menuju tempat peristirahatan ini kita harus melakukan pendakian yang cukup panjang dan melelahkan dikarenakan terletak di tengah hutan.

cindylevina_2014-07-27_06-44-56[1]

Photo Credit IG: @cindylevina

Namun semua rasa lelah kalian pasti akan terbayarkan karena kalian akan merasakan suasana yang tenang, damai serta pemandangan yang menakjubkan. Kamu dapat melihat Pulau Menjangan serta beberapa gunung di Pulau Jawa.

cindylevina_2014-07-27_06-35-48[1]

Menjelang sunset di Makam Jayaprana

Kamu juga dapat melihat makam Jayaprana dan Layon Sari dengan nuansa kuning dan di hiasi oleh patung-patung sebagai lambang dari kisah ini.

 

Bagaimana menurut kamu? Kisah cinta yang romantis dan mengharukan bukan? Bagi kamu yang penasaran, datang langsung ke area Taman Bali Barat untuk melihat sisa sejarah cerita dari kisah Jayaprana.

 

Featured Image diambil dari @photonlogics