Jelajah 5 Keindahan Nusa Penida

5 Top Destinasi Liburan ke Bali dengan Anak-anak
March 21, 2017
@doyoutravel - bfastbowl [HEALTH]
Stay Healthy, Stay Happy!
April 12, 2017
Spread the love
  • 181
    Shares

Nusa Penida merupakan surga tersembunyi yang ada di Kabupaten Klungkung. Nusa Penida memiliki banyak sekali objek wisata tersembunyi yang harus banget buat di eksplor. Avilla Bali menyempatkan untuk menjelajahi 5 dari keindahan Nusa Penida di akhir pekan selama 2 Hari 1 malam khususnya Nusa Penida bagian Barat. Apa saja keindahan yang ada di Nusa Penida? Yuk baca selengkapnya!

1. Pasih Uug

Ini adalah tujuan pertama kami di Nusa Penida. Pasih Uug terkenal juga dengan sebutan Broken Beach dikalangan wisatawan asing, pasih artinya rusak. Di sini kamu bisa melihat tebing tinggi dan berlubang di tengahnya, dikelilingi oleh rumput-rumput hijau, hamparan laut biru yang luas dan diiringi dengan suara ombak yang tenang akan memesona siapapun yang datang.

Di sini ada warung yang siap melepas dahaga dengan menjajakan minuman, kelapa muda, maupun makanan ringan. Perjalanan dari Sampalan daerah kami menginap menghabiskan waktu 1 jam dengan menggunakan motor. Tiket masuk hanya Rp 5.000/motor.

Tips: Perlu diketahui perjalanan menuju Pasih Uug masih curam, terjal dan berkerikil, jadi harus ekstra hati-hati untuk datang ke tempat ini jika tidak yakin bisa menggunakan guide yang tentunya sudah berpengalaman.

2. Angels Billabong

Angels Billabong berada di lokasi yang sama dengan Pasih Uug atau Broken Beach, jaraknya hanya beberapa puluh meter dari Pasih Uug dengan berjalan kaki. Angel’s Billabong sebenarnya adalah muara akhir dari sebuah sungai yang ada di Nusa Penida dan berakhir di lautan lepas.

Angels Billabong memiliki beberapa cerukan kolam alami dengan air yang jernih dan tenang, batu karang yang berwarna hijau kuning sehingga membuat tempat ini menjadi lebih cantik. Siapapun akan tergoda untuk berenang di sini, tetapi demi keamanan lebih baik tidak berenang di sini karena jika air laut sedang pasang cukup berbahaya. Menikmati Angels Billabong dari atas juga tak kalah indahnya.

3. Kelingking Secret Point 

Setelah dari Pasih Uug dan Angels Billabong kami berpindah ke Kelingking Secret Point jaraknya hanya 30 menit dari. Kenapa dikatakan Secret Point? Karena lokasinya tersembunyi di balik tebing Nusa Penida. Kamu akan melihat pantai yang eksotis dengan hamparan pasir warna putih di bawah sana. Pantai Kelingking memiliki pemandangan yang indah banget, tentuya ini adalah objek wisata favorit kami selama di Nusa Penida.

Akses jalan menuju Pantai Kelingking pun sudah beraspal, biaya tiket masuk dikenakan Rp 5.000/per motor. Setelah tiba di tempat parkir, tidak perlu usaha lebih untuk melihat Pantai Kelilingking dari atas tebing. Jika ingin melihat Pantai Kelingking dengan jarak yang lebih dekat, ada akses menuju ke pantai tetapi terbilang cukup curam dan hanya ada jalan setapak kecil.

Jadi kami hanya menikmatinya dari atas tebing saja. Kelingking Secret Point terletak di Dusun Karang Dawa, Desa Bunga Mekar, Kecamatan Nusa Penida

4. Pantai Crystal Bay

Pantai Crystal Bay merupakan salah satu pantai yang populer di Nusa Penida. Air laut di sini sangat jernih dan merupakan salah satu tempat snorkeling maupun diving terbaik di Nusa Penida untuk menikmati keindahan bawah laut atau hanya sekedar berenang cantik di pinggir pantai dengan nuansa alamnya yang tenang.

Berjarak sekitar 50 meter dari bibir pantai, terpampang indah sebuah pulau karang kecil yang berdiri kokoh bernama Pura Batu Jineng. Keunikan dari Pura Batu Jineng yaitu terdapat sebuah lorong yang membelah batu dan menyerupai pintu.

 

Tips : keindahan bawah laut Nusa Penida memang sangat cantik. Kamu bisa menjumpai Manta Ray dan Ikan Mola-mola pada musim tertentu, tapi perlu diingat bahwa arus bawah laut di perairan Nusa Penida sangat deras, jadi untuk spot tertentu dibutuhkan lisensi menyelam (diving license).

5. Sunrise di Nusa Penida

Jika kamu mengunjungi Nusa Penida selama 2 Hari 1 Malam,  sempatkan untuk bangun pagi melihat matahari terbit di Nusa Penida. Ada beberapa spot untuk melihat sunrise di Nusa Penida salah satunya adalah Suana Point. Suana Point harus masuk dalam daftar perjalanan kamu di Nusa Penida. Menyaksikan matahari terbit, duduk di ayunan, sembari mendengar suara deburan ombak yang tenang.

Lokasinya berada di Desa Suana atau sekitar 25 menit dari Pelabuhan Sampalan, Nusa Penida.

How to get there?

Menuju Nusa Penida sangatlah mudah dengan menggunakan kapal cepat dari Pantai Sanur. Ada dua pilihan pelabuhan yaitu Pelabuhan Sampalan maupun Pelabuhan Toyapakeh. Tinggal menyesuaikan di daerah mana kamu menginap.

Ada berbagai pilihan fast boat menuju Nusa Penida seperti Maruti Express, Mola-Mola Express, Caspla, dan masih banyak lagi. Perjalanan menggunakan kapal cepat sekitar 45 menit dari Sanur. Harga tiket untuk satu orang Rp 150.000/orang/pulang pergi.

Jika kamu berencana menginap di Nusa Penida sebaiknya membeli tiket paling pagi dan paling sore keesokan harinya sehingga banyak waktu untuk mengeksplor Nusa Penida.

Where to stay?

Kami menginap di The Mèl Homestay sangat dekat dengan Pelabuhan Sampalan sehingga kami menggunakan kapal cepat Mola-Mola Express. Homestay di sini mengizinkan kami untuk early check in maupun late check out dan juga free harbor transport. Homestay juga menyediakan persewaan motor, mini market dan juga warung makan dan staff yang ramah. Tentunya The Mel Homestay tempat yang nyaman untuk menginap di Nusa Penida.

Driving on Nusa Penida

Perlu diketahui, Nusa Penida lebih besar jika dibandingkan dengan Nusa Lembongan maupun Nusa Ceningan yang dalam satu hari kamu bisa menjelajahi seluruh pulau. Kami menyarankan untuk menyewa sepeda motor untuk mengelilingi pulau atau mobil jika dengan jumlah orang yang banyak karena akan lebih murah.

Selain itu yang perlu diperhatikan adalah beberapa jalanan di Nusa Penida sudah ada yang bagus, berkerikil, curam dan juga berpasir. Jika kamu kurang percaya diri dan guna menghindari kecelakaan kecil seperti jatuh lebih baik menyewa guide atau driver yang sudah berpengalaman dengan menggunakan motor.

Selamat menjelajahi Nusa Penida!!!

Steffi Novita
Steffi Novita
She has passion for traveling the world and she definitely loves the ocean