Budaya Klungkung

sejarah klungkung - kerta gosa
Sejarah Klungkung
December 11, 2017
5 Tempat Hip di Bali yang Wajib Dikunjungi di Awal Tahun 2018
December 22, 2017
Spread the love
  • 9
    Shares

Walaupun Bali sudah dikenal di seluruh penjuru dunia akan warisan budayanya, tahukah kamu sebagian dari warisan budaya itu bersumber dari Klungkung?  Antara lain :

 

1

LUKISAN WAYANG KAMASAN

lukisan kamasan

Source : instagram @lienemienemutte

Bila kamu pernah melihat lukisan di Bali dengan gaya yang khas, kemungkinan besar kamu sedang melihat gaya melukis ala Wayang Kamasan. Berbagai macam lukisan yang menunjukkan Bali, tradisi dan budaya yang sudah kamu kenal di kehidupan modern ini, semuanya berasal dari gaya melukis Kamasan. Gaya melukis ini lebih dikenal sebagai gaya lukisan Wayang Kamasan, digunakan hampir diseluruh penjuru Bali dan telah menginspirasi berbagai lukisan Bali tradisional. Kamu masih bisa menemui lukisan lukisan seperti ini di desa Kamasan, Klungkung Selatan, dimana penduduknya masih membuat lukisan – lukisan tersebut dengan alasan religius.

 

2

KEPENG

kerajinan uang kepeng klungkung

Source : instagram @steffinovita

Kepeng adalah uang tradisional di Bali yang mungkin pernah kamu temui saat sedang berlibur di Bali. Kamu akan bisa menemukannya di sesajen / persembahan di upacara di Bali atau sebagai bagian dari seni. Penduduk Bali yang sudah berumur bahkan mungkin masih mengingat bagaimana mereka mendapat Kepeng ,atau Pis Bolong dalam bahasa Bali, sebagai uang jajan dari orangtua mereka. Pis Bolong dipercaya berasal dari Cina sebagai alat pembayaran pada masa kerajaan Majapahit. DIkarenakan langkanya koin ini, beberapa area di Bali, Klungkung dan Kamasan area tepatnya, memproduksi koin ini untuk keperluan upacara dan souvenir.

 

3

KAIN TENUN ENDEK

kerajinan kain tenun endek klungkung

Source : instagram @paulinakatarina

BIla kamu mencari tempat untuk membeli kain tradisional yang berkualitas, kamu harus pergi ke Pasar Klungkung. Pasar Tradisional ini menjual berbagai macam Kain tradisional Bali, kebanyakan kain tenun buatan tangan, tidak seperti pasar tradisional lain yang biasanya menjual versi cetak. Kain yang paling terkenal adalah Kain Endek dan Tenun Rangrang. Meski menggunakan teknik dan motif berbeda, kedua kain tersebut sama terkenalnya di kalangan masyarakat Bali maupun turis, dikarenakan kualitas, keindahan dan keaslian produksinya.

 

4

MUSEUM GUNARSA

museum gunarsa klungkung

Source : instagram @widyaiap

Didirikan pada tahun 1990 oleh seniman terkenal Drs Nyoman Gunarsa, Museum Gunarsa dibagi menjadi 3 lantai berbeda. 2 lantai digunakan sebagai toko dan tempat memajang barang peninggalan antic Bali, lukisan dan patung. 1 lantai digunakan sebagai tempat pameran bagi seniman dan pelukis lokal maupun luar negeri. Disamping hasil seni, Museum Gunarsa juga dilengkapi berbagai fasilitas seperti toko kopi, merchandise dan toilet.

 

Alfiana Pontoh
Alfiana Pontoh
A curly witty chatty traveler. I love the thoughts that intelligence is so attractive, ambition is sexy.