Destinasi Terbaik untuk Solo Traveler Wanita di Bali

Bliss Surfer Hotel Bali, a Perfect Choice for Surfer Travelers
May 26, 2017
ultrabeach
7 Festival di Bali yang Bisa Kamu Datangi di tahun 2017 ini!
August 25, 2017
gunungpayung_beach

Saat ini, solo traveling bukan lagi hal yang tabu karena jalan-jalan sudah menjadi kebutuhan banyak orang, khususnya di Indonesia. Perjalanan yang dilakukan sendiri atau solo travel juga sudah banyak dilakukan baik oleh wanita atau pria. Dalam tulisan kali ini, kami akan merekomendasikan panduan, destinasi dan hal-hal yang dapat dilakukan oleh seorang solo traveler wanita ketika traveling ke Bali.

Bali adalah pulau yang indah dan mempunyai berbagai macam atraksi serta destinasi didalamnya. Pulau ini sangat bersahabat, baik untuk keluarga yang ingin berlibur, honeymooners maupun pelancong wanita yang ingin berpergian sendiri. Tidak ada larangan apapun untuk para solo traveler wanita ketika mengunjungi Bali. Namun perlu di perhatikan untuk selalu menghormati adat dan kebudayaan yang ada di Bali, itupun berlaku dimana saja sebenarnya. Pergi kemana-mana sendirian di Bali merupakan hal yang aman karena Bali adalah pulau wisata, jadi hampir semua orang disini terbuka kepada wisatawan yang datang.

Apa yang harus dipersiapkan?

  1. Booking tiket pesawat
  2. Booking hotel
  3. Booking transportasi (disarankan untuk sewa motor)

Barang-barang apa saja yang harus dibawa?

  1. Kacamata hitam
  2. Baju renang / Bikini
  3. Kain pantai
  4. Kamera
  5. Topi
  6. Uang, pastinya.

Jika semua sudah lengkap, mari kita mulai perjalanan solo ke Bali!

Main ke Pantai

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah mengunjungi pantai. Belum afdol rasanya kalau ke Bali tapi belum menginjakkan kaki di pantai, bukan? Terdapat ratusan pantai yang tersebar di Bali, jika kamu berpergian sendiri kamu bisa mengunjungi pantai-pantai yang mudah dijangkau seperti, Double Six, Pantai Petitenget atau Pantai Mertasari di Sanur.

Pantai Petitenget Bali

Pantai Petitenget – Photo credit by @puspasiagian

Balangan Beach Bali

Pantai Balangan – Photo credit by @maksimmarkelov

Tapi, kalau kamu ingin menjelajah lebih jauh dan mengunjungi pantai yang lebih sepi juga bersih, kamu bisa pergi ke arah Uluwatu. Disana kamu bisa mengunjungi Pantai Balangan, Pantai Greenbowl atau Pantai Gunung Payung atau ke daerah Nusa Dua ; Pantai Geger, Pantai Nikko dan Pantai Pura Geger.

Gunung Payung Beach

Pantai Gunung Payung – Photo credit by @puspasiagian

Pantai Greenbowl Bali

Pantai Greenbowl – Photo credit by @laraaav

Pantai Nikko Bali

Pantai Nikko – Photo credit by @puspasiagian

Cafe Hopping di Seminyak

Sepertinya cafe hopping tidak bisa dilewatkan oleh semua wisatawan yang ke Bali. Jajaran cafe-cafe di kawasan Seminyak sangat menarik untuk dikunjungi. Kalau kamu stay di kawasan Seminyak, kamu bisa sarapan di Sisterfields atau sekedar ngopi di Revolver.

Sisterfields – Photo credit by @theodore.woon

Revolver – Photo credit by @vanissakaris

Siangnya, kamu bisa coba sensasi makan burger yang juicy dan cukup besar di Boss Man. Untuk makan malam, kamu bisa kunjungi Char Char  yang menyajikan makanan lezat dengan harga terjangkau, Batik Restaurant dengan sajian makanan Asia atau Kilo Kitchen untuk makanan Asian-Europe dengan suasana makan yang menarik.

BO$$MAN BURGER BALI

BO$$MAN – Photo credit by @theedibleimage

Kilo Kitchen Bali

Kilo Kitchen – Photo credit by @kilokitchen

Batik Restaurant Bali

Batik Restaurant – Photo credit by @carrotsticksandcravings

Belanja di Pasar Seni

Belanja adalah salah satu hal yang tidak bisa dilewatkan oleh para wanita. Kalau lagi traveling, sempatkanlah mampir ke pasar tradisional atau pasar seni. Kata orang, “kamu bisa mengenal sebuah kota atau daerah ketika kamu mengunjungi pasar dan museumnya”. Di Bali, banyak pasar tradisional yang bisa kamu jumpai, diantaranya Pasar Seni Sukowati dan Pasar Seni Ubud (Ubud Art Market).

Ubud Art Market

Ubud Art Market – Photo credit oleh @monicaflatland

Disana, kamu bisa menemui souvenir-souvenir khas Bali, lukisan-lukisan, makanan dan buah-buahan yang dijual segar. Untuk harga, tentunya pasar lebih bersahabat dibanding toko-toko yang tersebar disepanjang Jalan Kayu Aya, keutungan lainnya, kamu juga bisa menawar langsung dengan harga wajar.

Pasar Sukowati Bali

Pasar Sukowati – Photo credit by @t15na

Memburu Makanan Khas Bali

Apakah kamu suka makanan yang kaya akan rempah-rempah? Kalau suka, kamu cocok banget makan makanan khas Bali karena kebanyakan masakannya dibumbui oleh berbagai rempah-rempah. Salah satu rekomendasi makanan halal khas Bali yaitu Men Weti yang terletak di Pantai Sanur. Selain itu juga kamu bisa coba Ayam Betutu Men Tempeh di Krisna Kuliner dekat Bandara.

Nasi Bali Men Weti – Photo credit by @perut.lapar

Nah untuk makanan non-halal, pastinya kamu harus coba Sate Bawah Pohon di Kuta yang terkenal itu dan Babi Bagus di Umalas yang lagi hip banget di Bali.

Babi Bagus Bali

Babi Bagus – Photo credit by @babi.bagus

Sate Babi Bawah Pohon Bali

Sate Babi Bawah Pohon – Photo credit by @tjhangsharon

Bersantai di Beach Club

Leyeh-leyeh di Beach Club merupakan hal yang tidak bisa dilewatkan kalau kamu ke Bali. Setelah sekian banyak aktifitas yang kamu lakukan selama jalan-jalan di Bali, takes your time untuk tidur-tiduran dibawah sinar matahari sembari baca buku atau sekedar melihat orang-orang berlalu lalang.

Mrs Sippy Poolbar Bali

Mrs Sippy Bali – Photo credit by @mrssippybali

Finns Beach Club Bali

Photo credit by @finnsbeachclub

Kudeta Beach Club Bali

KuDeTa – photo credit by @the_seminyak_snob

Banyak beach club yang bisa kamu kunjungi, salah satu yang paling baru dan masih hangat adalah Mrs Sippy (baca selengkapnya disini). Selain itu, Sunday’s Beach Club di Uluwatu, Finn’s Beach Club di Canggu atau Kudeta di Seminyak.

Masih banyak hal yang bisa kamu lakukan di Bali sebagai solo traveler wanita. Yang pasti, tetap berhati-hati dalam perjalanan, tetap hormati kebudayaan dan keep traveling 😉

Featured image by @puspasiagian

Baca juga :

7 Live Music Spot di Bali

What to do in North Bali

5 Restoran dengan Pemandangan Sawah di Bali

5 Hal Asyik Menikmati Long Weekend di Bali

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *