Air Terjun Populer Di Bali

Hal yang bisa dilakukan di Nusa Ceningan
August 31, 2017
Tempat Sarapan Hipster di Bali
6 Tempat Sarapan Hipster di Seminyak
September 27, 2017

Siapa yang tak jatuh cinta dengan keindahan Pulau Bali? Semua orang yang datang ke Bali dibuat terpana akan keindahan alam yang dimilikinya. Bali memang tak melulu pantai saja, bahkan lebih dari itu banyak tempat yang bisa kamu jelajahi. Salah satunya adalah menjelajahi air terjun sembunyi yang ada di pulau ini. Berikut ini adalah air terjun populer di Bali yang menjadi favorit para traveler maupun travel blogger dunia:

1. Air Terjun Tibumana

Air Terjun Tibumana merupakan salah satu air terjun tersembunyi di Kabupaten Bangli. Kamu bisa melihat air terjun setinggi 20 meter yang jatuh ke kolam alami. Dibelakang air terjun yang mengalir juga tedapat sebuah gua. Di Tibumana kamu bisa bermain, berendam atau berenang di air di kolam alami dan tidak terlalu dalam. Selain itu, suasana di sini sangat sejuk dan hijau membuat kamu betah berlama-lama berada di sini.


Akses menuju Tibumana cukup mudah, kamu hanya perlu mengikuti petunjuk arah yang ada di google maps. Menuju air terjun kamu hanya perlu menuruni beberapa anak tangga saja. Objek wisata ini berada di Banjar Bangun Lemah Kawan, Desa Apuan, Kecamatan Susut, Bangli, Bali.

2. Air Terjun Banyumala


Air Terjun Banyumala adalah air terjun yang berada di Desa Wanagiri, Buleleng, Bali. Di sini kamu bisa melihat panorama dua air terjun atau kembar yang saling berdampingan. Air mengalir pada celah dinding batu dan jatuh ke kolam alami yang jernih. Jadi kamu bisa bermain atau sekedar berendam di kolam alami ini karena tidak terlalu dalam sehingga aman. Bagi kamu yang ingin jauh dari hiruk pikuk kota, kamu bisa datang ke sini. Lokasinya juga berada di tengah hutan alami dan kamu bisa menikmati panorama hijau pepohonan yang asri di sekelilingnya.
Menuju Air Terjun Banyumala dari Denpasar bisa melalui Jalan Raya Munduk. Setelah memasuki jalan tersebut, ikutin saja, di sebelah kanan jalan ada penanda yang bertuliskan: Banyumala Waterfall. Dari jalan tersebut kamu belok kanan dan menyusuri jalan sepanjang 3,5 km hingga kamu menjumpai tempat parkir. Setibanya di lahan parkir, kamu harus melanjutkan dengan berjalan kaki menuju air terjun sekitar 200 meter.

3. Air Terjun Aling-Aling

Air Terjun Aling-aling adalah air terjun yang ada di Desa Sambangan, Singaraja, Bali. Ini merupakan air terjun populer di Bali favorit para traveler. Kamu bisa melihat air terjun mulai dari ketinggian 35 meter, 16 meter, 10 meter dan 5 meter di sini. Kamu juga bisa menjumpai kolam alami yang disebut sebagai Secret Garden Sambangan. Di sini kamu bisa melakukan trekking mengunjungi beberapa air terjun yang berada dalam satu lokasi.
Kamu juga bisa lompat di air terjun dengan ketinggian mulai dari 5 meter, 10 meter dan 16 meter. Di sini kamu juga bisa sliding di air terjun dari ketinggian 10 meter. Menyenangkan, bukan? Air Terjun Aling-Aling adalah tempat terbaik bagi kamu yang suka dengan tantangan. Di sini udaranya sejuk, mengingat rimbunnya pepohonan tumbuh subur di sekeliling air terjun. Jadi membuat kamu betah berlama-lama berada di air terjun ini.

4. Secret Garden Sambangan

Secret Garden Sambangan adalah kolam alami yang ada di Desa Sambangan, Buleleng dan masih satu lokasi dengan Air Terjun Aling-aling. Di sini terdapat air terjun kecil yang mengalir ke dalam sebuah kolam alami, yang mana air tersebut jernih kebiru-biruan. Ini adalah destinasi yang menyenangkan, di mana kamu bisa bermain air, berendam, berenang dan juga lompat ke kedalaman 6 meter.

5. Air Terjun Tukad Cepung

Air Terjun Tukad Cepung berada di Kabupaten Bangli, akses menuju air terjun ini sangatlah mudah. Kamu tidak perlu mengeluarkan tenaga lebih, jaraknya tidak terlalu jauh dari tempat parkir. Selama perjalanan menuju air terjun, kamu akan disuguhkan dengan suasana pedesaan. Kamu hanya perlu menuruni beberapa anak tangga, pinggir kali, dan menuruni jalanan yang berundak.
Di sini kamu bisa melihat air terjun yang mengalir di sela-sela tebing batu dan cahaya matahari masuk di sela-sela pepohonan. Inilah yang membuat keindahan air terjun di sini terlihat lebih dramatis. Tentunya membuat foto kamu menjadi lebih keren maka tak heran jika tempat ini sering dijadikan lokasi pre-wedding.

6. Air Terjun Dusun Kuning

Air Terjun Dusun Kuning merupakan air terjun yang ada di Desa Taman Bali, Bangli. Memiliki ketinggian sekitar 25 meter di atas permukaan Sungai Melangit. Menuju lokasi air terjun ini dibutuhkan jalan kaki sekitar 500 meter dari tempat parkir. Kamu akan melewati perkebunan cengkeh menuju lokasi air terjun. Destinasi wisata ini bisa dijangkau dari Denpasar melalui Jalan By Pass Ida Bagus Mantra. Carilah Desa Taman Bali, kurang lebih 3 km sebelum Kota Bangli menuju rumah penduduk desa Dusun Kuning. Selamat menjelajah!
Steffi Novita
Steffi Novita
She has passion for traveling the world and she definitely loves the ocean