5 Air Terjun di Bali yang Mempesona

budaya bali
Fakta Unik Nama Orang Bali
July 9, 2015
Makanan Halal di Bali
5 Makanan Khas Bali yang Halal dan Wajib Dicoba
July 22, 2015
Air Terjun di Bali

Photo Credit by Rollan Budi @ Flickr

Spread the love
  • 5.7K
    Shares

Bali memiliki banyak air terjun yang cantik dan tersebar di beberapa sudut pulau. Kini peminatnya cukup banyak khususnya di kalangan anak muda karena banyak kegiatan yang bisa dilakukan seperti loncat dan sliding di air terjun. Kamu cuma perlu menyiapkan stamina lebih karena harus melewati medan yang menantang dan harus naik turun ratusan anak tangga. Berikut 5 rekomendasi air terjun di Bali yang indah dan mempesona:

  1. Aling-aling
Air Terjun Aling Aling

Photo Credit IG @nusabali

Salah satu air terjun di mana kamu bisa tes adrenalin lompat dari air terjun dengan ketinggian 5 m, 10 m dan 16 m. Kamu juga bisa mencoba sliding di air terjun dari ketinggian 10 meter. Menarik, kan? Tidak perlu khawatir, karena permainan di sini cukup aman, tersedia life vest dan guide. Air terjun Aling-aling memiliki beberapa air terjun tetangga lainnya. Dari tempat parkir, kamu harus melewati hamparan sawah dan sekitar 400 ratus anak tangga. Terletak di Desa Sambangan, Kecamatan Sukasada, Buleleng, Bali.

  1. Sekumpul 
Air Terjun Sekumpul Bali

Photo Credit IG @hery_dharmagita

Air Terjun Sekumpul Bali

Photo Credit IG @lastdjedai

 

Terdiri dari tujuh air terjun letaknya terpisah-pisah dan berjauhan. Ke tujuh air terjun memiliki bentuk dan ketinggian yang berbeda-beda. Oleh karena itu, Sekumpul disebut sebagai air terjun terindah di Bali. Namun sayangnya hanya dua air terjun yang bisa kamu lihat lebih dekat, keduanya berdampingan. Uniknya masing-masing memiliki ketinggian, debit air dan sumber mata air yang berbeda. Air terjun di sebelah kiri bersumber dari mata air sedangkan air terjun di sebelah kanan bersumber dari sungai. Wisata ini cocok buat kamu yang suka berkelana ke tempat yang penuh tantangan selain menuruni ratusan tangga kamu juga harus menyeberangi sungai. Terletak di Desa Sekumpul, Kecamatan Sawan, Buleleng, Bali.

  1. Tegenungan
Air Terjun Tegenungan Bali

Photo Credit IG @romysharon

Air terjun yang mudah dijangkau meski ketinggian air terjun tergolong rendah hanya sekitar 15 meter, airnya bersih dan bening, di sekitarnya terdapat pemandangan hijau subur yang cantik dan aliran air yang deras sempurna untuk mandi atau sekedar bermain air. Untuk mencapai air terjun dari tempat parkir, kamu harus menuruni ratusan anak tangga dan menyusuri tepian Sungai Tukad Petanu. Namun tidak perlu khawatir karena banyak warung kecil yang menjajakan makanan dan minuman di sepanjang jalan menuju air terjun. Terletak di Desa Kemenuh, Kecamatan Sukawati, Gianyar, Bali.

  1. Blemantung
Air Terjun Blemantung

Photo Credit IG @lidwinaharwin

Letaknya tersembunyi di antara tebing-tebing yang tinggi dan dikelilingi oleh perkebunan kopi, sehingga kamu bisa mencium aroma harum biji kopi sambil menikmati pemandangan air terjun dengan ketinggian 50 meter. Tidak ada bangunan lain selain sebuah pura dan gazebo yang sudah tidak berfungsi. Terletak jauh dari perkampungan di Desa Pujungan, Kecamatan Pupuan, Tabanan, Bali.

  1. Nungnung
Air Terjun nungnung Bali

Photo Credit IG @sofalikes

Air Terjun Nung Nung Bali

Photo Credit IG @readtosuzanne

 

Menuju air terjun Nungnung dari tempat parkir memang cukup jauh karena kamu harus berjalan menuruni ratusan anak tangga yang curam dan licin. Namun di sepanjang perjalanan kamu akan dimanjakan dengan pemandangan hamparan sawah dengan udara yang sejuk karena letaknya berada di ketinggian 90 meter di atas permukaan laut. Tidak perlu khawatir, meski jauh sepanjang perjalanan banyak gazebo untuk beristirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan. Setibanya, kamu akan melihat air terjun dengan ketinggian kurang lebih 50 meter yang tampak masih alami, hijau serta udaranya yang masih segar. Terletak di Desa Pelaga, Kecamatan Petang, Badung, Bali.