MEMILIH ORANG YANG TEPAT

KEPITING DI DALAM KERANJANG
September 23, 2018
MENUKAR RASA AMAN
September 25, 2018
Spread the love

Habit #3 : Put First Thing First

Saat mengisi seminar-seminar kepemimpinan, John Maxwell sering mendapat pertanyaan, “Bagaimana Anda bisa tahu mana yang pantas untuk menjadi tim Anda?”. Dan Maxwell selalu menjawab “Anda tidak akan pernah tahu dengan pasti”. Menurut Maxwell, siapapun tidak akan dapat mengetahui dengan pasti siapa orang yang tepat untuk menjadi timnya. Yang dapat dilakukan hanyalah mengantisipasi kemungkinan salah memilih orang.

Sebelum mencari orang untuk menjadi timnya, John Maxwell selalu memulai dengan mengajukan pertanyaan kepada dirinya sendiri : “Apa yang sebenarnya kamu butuhkan?”. Berangkat dari pertanyaan itu, barulah Ia mulai melakukan pencarian. Ketika sudah menemukan beberapa Kandidat, Ia akan memeriksa rekam jejak orang tersebut sebagai bahan pertimbangan. Selebihnya Ia percayakan pada nalurinya sebagai seorang pemimpin.

Ketika Kita sedang mencari seseorang untuk bergabung menjadi tim Kita dan merasa telah menemukan kandidat yang sekiranya sudah mumpuni, sebaiknya jangan tergesa-gesa untuk mengambil keputusan. Putuskanlah dengan hati-hati seperti yang dilakukan oleh John Maxwell. Utamakan pencapaian pada tujuan. Tujuan Kita tidak akan dapat tercapai bila Kita bekerja dengan orang yang salah.

 

Menurut Anda, pentingkah untuk berhati-hati dalam memilih orang yang akan menjadi tim Anda? Mengapa?

“Put the right Man in the right Place to achieve the goal”

 

 

Disadur dari buku “The Maxwell Daily Reader”
Karya “John C. Maxwell”

Comments are closed.