DI MANAKAH POSISI TERBAIK ANDA?

SATU DORONGAN KECIL
May 16, 2018
SIKAP ADALAH ASET
May 20, 2018
Spread the love

Habit #8 : Find your voice and inspire others to find theirs

Berapa banyak anak yang berkata “Jika aku sudah dewasa, aku akan menjadi wakil presiden”? mungkin tidak ada. Jika seorang anak memiliki cita-cita di bidang politik, Ia biasanya ingin menjadi Presiden. Jika memiliki cita-cita di bidang bisnis, Ia biasanya ingin menjadi pemilik perusahaan. Kebanyakan orang bercita-cita untuk menduduki posisi puncak. Hanya sedikit yang bercita-cita menduduki posisi menengah.

Namun, pada kenyataannya sebagian besar orang tidak pernah menduduki posisi puncak pada organisasi. Salahkah hal itu?

John Maxwell percaya bahwa setiap orang harus mencapai posisi puncak pada permainan mereka. Bukan pada organisasi tempat mereka bernaung. Contohnya dalam hal pemerintahan. Wakil Presiden, mentri pertahanan, dll. Mereka semua memilikii kriteria yang diperlukan untuk mencalonkan diri menjadi Presiden. Namun mereka semua dapat menikmati karier politik yang luar biasa, meski tidak menduduki posisi puncak (Presiden), karena mereka tahu bahwa posisi puncak tersebut bukanlah posisi terbaik untuk mereka. Sesungguhnya yang terbaik bukanlah soal posisi. Melainkan bagaimana kita dapat mempengaruhi orang lain dari posisi manapun kita berada. Ini yang disebut kepemimpinan 3600.

 

Setujukah anda bahwa posisi terbaik dalam berkarir tidak selalu berada pada posisi puncak organisasi? Mengapa?

“Yang terbaik bukanlah soal posisi. Melainkan tentang bagaimana kita dapat mempengaruhi orang lain dari posisi kita berada”

 

 

Disadur dari buku “The Maxwell Daily Reader”
Karya “John C. Maxwell”

Comments are closed.