BERSEDIA UNTUK BELAJAR DARI MANAPUN

MASALAH MEMBAWA PERTUMBUHAN
March 13, 2018
PILIH SEORANG PEMIMPIN SEBAGAI ROLE MODEL
March 15, 2018
Spread the love

Habit #7 : Sharpen the Saw

Semua nasihat baik yang ada di dunia ini tidak akan dapat membantu Anda jika Anda tidak memiliki kesediaan untuk diajar. Sesungguhnya pelajaran dapat diperoleh dari mana saja. Tidak harus dari orang yang lebih senior atau ahli. Cobalah untuk lebih banyak mendengarkan daripada berbicara. Mulailah dengan mendengarkan ide-ide orang lain, termasuk dari tim Anda sendiri. Meskipun mungkin ide yang dilontarkan masih belum sesuai dengan kebutuhan organisasi, setidaknya Anda dapat memahami pola pikir orang tersebut. Hal itu dapat Anda gunakan untuk menentukan cara pendekatan terbaik dengan orang tersebut.

Selain itu, semangat untuk diajar juga dapat Anda tumbuhkan melaui kritik yang Anda terima. Ketika Anda menuai kritik dari orang lain, pandanglah itu sebagai masukan yang dapat membangun diri Anda menjadi lebih baik lagi. Sikap devensive terhadap kritikan tidak akan berguna untuk Anda. Justru itu hanya akan menghambat pertumbuhan diri Anda.

 

Apakah anda sudah memiliki semangat untuk diajar? Bagaimanakah hasilnya?

“Semua nasihat baik yang ada di dunia ini tidak akan dapat membantu Anda jika Anda tidak memiliki semangat untuk dapat diajar. Bersedialah untuk diajar.”

 

Disadur dari buku “The Maxwell Daily Reader”
Karya “John C. Maxwell”

Comments are closed.