8 Destinasi di Bali Barat Harus di Eksplor

Destinasi PreWedding di Bali
Destinasi Pre-Wedding di Bali
September 30, 2017
5 Pantai yang Wajib Dikunjungi di Nusa Dua Bali
November 14, 2017
Kawasan Bali Barat memang tidak sepopuler bagian Bali lainnya, tapi tempat ini menawarkan banyak destinasi wisata yang menarik. Jika bingung memiliki libur panjang atau bingung akhir pekan mau kemana, Bali Barat bisa kamu eksplor dengan pemandangan yang menakjubkan.
Berikut adalah beberapa rekomendasi destinasi untuk Eksplor Bali Barat:

1. Pulau Menjangan

Pulau Menjangan adalah pulau kecil yang berada di Bali Barat. Pulau ini merupakan surga bagi para penyelam atau divers karena di sini kehidupan bawah lautnya begitu indah. Di sini tidak hanya pagi atau siang hari saja kamu bisa diving, dive center di Menjangan juga menawarkan diving di malam hari. Seru, kan? Kamu bisa melihat keindahan taman terumbu karang, ikan tropis, air laut yang jernih, dan pasir putih. Selain diving kamu juga bisa menikmatinya dengan cara snorkeling.
Menjangan hanya dihuni oleh sekawanan rusa yang dilindungi oleh pemerintah dan menjadi bagian dari Taman Nasional Bali Barat. Kata Menjangan dalam kata KBBI artinya adalah rusa. Jika beruntung kamu bisa melihat rusa yang sedang berenang atau jalan-jalan di sekitar pulau. Di sini juga ada sebuah pura yang berdiri kokoh bernama Pura Segara Giri Dharma Kencana. Biasanya umat Hindu datang ke sini hanya untuk sembahyang atau upacara saja.

Menuju Pulau Menjangan, membutuhkan waktu sekitar 3 jam dari Kuta atau Denpasar menuju Labuan Lalang, Singaraja. Setelah tiba di Labuan Lalang, kamu bisa menyewa alat-alat snorkeling atau diving untuk dibawa ke pulau. Transportasi yang digunakan adalah harus menggunakan speed boat kurang lebih selama 30 menit.

2. Pura Puncak Luhur Sari Jayaprana

Negara Eropa bukan satu-satunya yang memiliki kisah cinta tragis seperti Romeo dan Juliet. Bali juga memiliki kisah cinta antara Jayaprana dan Layon Sari. Legenda ini menceritakan bahwa Jayaprana, seorang pelayan dan anak angkat Raja Kerajaan Kalianget diperintahkan untuk mencari calon istri. Ia pun jatuh cinta pada Layon Sari. Akhirnya mereka menikah atas seizin sang raja. Namun melihat kecantikan Layon Sari, sang raja jatuh cinta dan ingin memiliki Layon Sari. Sang raja pun memerintahkan Patih Saunggaling untuk membunuh Jayaprana.
Ketika Layon Sari mendengar Jayaprana meninggal dan ia diminta untuk menikahi sang raja. Namun Layon Sari memutuskan untuk bunuh diri daripada menikahi pria yang telah membunuh suaminya. Cerita ini cukup terkenal di Bali, kamu bisa mengunjungi tempat bersejarah Jayaprana dan Layon Sari di Pura Puncak Luhur Sari. Lokasinya berada di kawasan hutan Teluk Terima, Desa Sumber Klampok, Gerokgak, Singaraja.

3. Pantai Karang Sewu

Karang Sewu adalah pantai dan teluk dengan pemandangan yang indah, terletak di ujung Bali Barat. Kamu bisa melihat pemandangan yang indah, lautan biru, dan juga hutan mangrove. Ada begitu banyak pohon bidara dengan cabang-cabang yang membungkuk dan membuatnya terlihat mirip dengan payung. Tempat ini juga bisa untuk piknik atau hanya bersantai di bawah pohon.
Terletak sekitar 1 km dari gerbang utama pelabuhan Gilimanuk, Karang Sewu merupakan tujuan populer di Jembrana, Bali Barat. Selanjutnya, kamu juga bisa melakukan wisata hutan mangrove dengan perahu tradisional atau hanya sekedar menikmati keindahan matahari terbenam. Jadi, dari Menjangan kamu bisa juga langsung datang ke tempat ini.

4. Pantai Medewi

Pantai Medewi adalah salah satu pantai favorit para surfer di Bali Barat. Medewi dikenal sebagai tempat berselancar di Bali Barat karena ombaknya yang terbesar, khususnya pada bulan Juli dan Agustus. Pantai ini terletak di sebuah pesisir yang sangat sepi yang menjadikannya tempat yang enak untuk bersantai.

5. Pantai Perancak

Pantai Perancak merupakan salah satu pantai di Jembrana, Bali Barat. Destinasi ini terkenal dengan barisan perahu-perahu milik para nelayan yang bersandar. Selain itu, pantai ini juga tempat asyik buat menyaksikan matahari terbenam.
Di Pantai Perancak sering juga dijadikan sebagai lokasi perlombaan dayung sampan tradisional pada perayaan HUT Kota Negara. Lomba ini menjadi agenda rutin setiap bulan Juli dan juga sebagai ajang promosi wisata di kawasan Perancak. Di kawasan ini ada juga rangkaian acara road race atau balap motor bagi kamu yang ingin menguji adrenalin.

6. Green Cliff

Green Cliff berada di Desa Yehembang, Bali Barat di mana kamu bisa melihat panorama tebing-tebing yang berwarna hijau di sekelilingnya. Desa ini memang tidak berpenghuni, jadi benar-benar dibuat untuk wisata alam saja.
Untuk melihat keindahannya, didirikan sebuah jalan yang terbuat dari bambu sepanjang 60 meter dan setinggi 10 meter. Kamu bisa menikmati keindahannya hamparan alam hijau dari ujung puncak bukit.

7. The Octagon

Beach club tidak hanya ada di daerah Bali Selatan, di Bali Barat kamu juga bisa menjumpainya di The Octagon. The Ocatagon merupakan bagian dari Plataran Menjangan Resort and Spa dengan sebutan ocean club. Lokasinya tepat berada di pinggir pantai dan langsung menghadap ke laut. The Octagon memiliki infinity pool sepanjang 33 meter. Tempat ini bisa menjadi alternatif untuk menghabiskan akhir pekan bersama orang terdekat sambil menikmati koktail.

8. Sungai Gelar

Kalau ke daerah Jembrana, jangan lupa mampir ke Sungai Gelar yang memiliki mata air sungai yang bersih dan jernih. Lokasinya berdekatan dengan Green Cliff dan terletak di Desa Batuagung, Jembrana. Sungai Gelar menawarkan keindahan alam yang sejuk, bebas polusi udara dan enak buat bersantai atau bermain air di sungai ini.
Steffi Novita
Steffi Novita
She has passion for traveling the world and she definitely loves the ocean