5 Kuliner Bali Barat Harus Dicoba

5 Hal Baru Rayakan Valentine di Bali
February 10, 2017
Menikmati Nyepi di Bali
March 3, 2017

Bali Barat merupakan destinasi favorit para wisatawan yang suka dengan kegiatan olahraga seperti diving, snorkeling maupun surfing. Mungkin sebagian dari kamu pernah mengunjungi tempat wisata seperti  Pulau Menjangan, Lovina, Pantai Medewi dan masih banyak lagi.  Pernahkah kamu mencoba kuliner yang ada di Bali Barat?

Berikut adalah 5 kuliner di Bali Barat yang wajib kamu coba:

Baca juga:

Aktivitas Seru di Tabanan yang Kamu Kudu Tau

Berpetualang Kali Ini Ke Singaraja Aja!

4 Makanan Khas Bali Timur Super Enak dan Murah Yang Wajib Kamu Datangi

1. Kuliner Bali Barat – Babi Guling Selingsing

Source: @travel.foodblog

Jika bingung mau mencari babi guling di sore hari, kamu bisa mampir ke Babi Guling Selingsing yang berlokasi di Desa Cepaka, Tabanan, Bali Barat. Babi Guling Selingsing buka dari sore hingga tengah malam dan ini adalah salah satu babi guling favorit di daerah Tabanan dan paling dicari. Satu porsi babi guling terdiri dari daging babi, kulit babi goreng, jeroan, sayur dan lawar.

Source: @nyokepo

Babi Guling Selingsing sedikit berbeda dengan babi guling lainnya yaitu satu porsi babi guling ditaburi dengan bumbu di nasi lengkap dengan bumbu kelapa goreng. Satu porsi babi guling, dijual dengan harga yang ramah dikantong. Bumbu dari rempah-rempah yang membuat aroma yang sangat lezat. Selain itu kamu juga bisa melihat pembuatannya langsung di tempat.

2. Jaje Bendu

Source: @xiu_fei

Jaje Bendu adalah salah satu jajanan tradisional dari Bali Barat yang berasal dari Jembrana, Bali Barat. Sebenarnya Jaje Bendu mudah ditemukan di pasar-pasar tradisional atau biasanya juga digunakan sebagai perlengkapan upacara agama umat Hindu. Jaje Bendu merupakan jajan yang sangat serderhana, dibuat dari tepung ketan yang dicampur parutan kelapa dan gula aren yang dibungkus dengan daun pisang. Walaupun sederhana, rasanya tidak mengecewakan. Jaje Bendu sangat cocok disajikan di sore hari dengan kopi maupun teh.

3. Warung Nasi Belayu

Source: @sista_bagiada

Jika kamu memiliki rencana melihat keindahan alam Jatiluwih, jangan lupa untuk mampir di Warung Nasi Belayu. Warung ini sangat cocok bagi para pecinta makanan pedas karena warung ini menyajikan ayam sambal bejek. Sambal bejek sendiri terbuat dari campuran suwiran ayam, cabai, bawang merah, garam, minyak kelapa, jeruk nipis, dan irisan bunga kecombrang yang memberikan rasa yang unik.

Source: @platemapsbali

Satu porsi Ayam Sambal Bejek disajikan dengan tum ayam atau ayam yang dikukus dalam daun pisang, sup sayuran hijau dan tauge dan tentunya semangkuk Sambal Bejek Belayu. Terletak di Jalan Jurusan Marga-Denpasar, Tabanan.

4. Ayam Betutu Men Tempeh 

Source: @yuliani_wijono

Ayam betutu asli sebenarnya berasal dari Bali Barat, meski makanan ini mudah ditemukan di seluruh penjuru Bali namun di sinilah tempat asalnya. Ayam Betutu yang sangat legendaris berada di Jembrana, Bali Barat yaitu Ayam Betutu Men Tempeh. Letaknya tidak terlalu jauh dari pelabuhan Gilimanuk. Di sini kamu akan menjumpai beberapa restoran yang sejenis.

Source: @michael_philip

Kamu bisa pesan ayam betutu biasa atau goreng. Satu porsi ayam betutu dilengkapi dengan nasi, kacang goreng, kangkung plecing dan tak lupa sambal matah. Bumbu Balinya sangat meresap dan ayam betutu ini cukup pedas.

5. Lontong Serapah

Makanan ini selalu ada di momen hari raya Galungan dan Kuningan di Bali. Ini merupakan kuliner Bali Barat dari Jembrana, yang unik dan wajib kamu coba. Sesuai dengan namanya, makanan ini berbahan dasar lontong yang berbentuk segitiga cukup besar atau yang lonjong seperti pepes dan diberi kuah kental yang berasal dari telengis. Telengis merupakan hasil sampingan dari proses pengolahan minyak kelapa tradisional di Bali kemudian direbus dengan bumbu base genep khas Bali. Satu porsi lontong serapah terdiri dari lontong yang sudah dipotong kecil-kecil, diberi sayuran, ditaburi bawang goreng dan juga diisi dengan cabai utuh kemudian disiram dengan kuah kental.

 

Featured image: www.goodindonesianfood.com

Steffi Novita
Steffi Novita
She has passion for traveling the world and she definitely loves the ocean