4 Makanan Khas Bali Timur Super Enak dan Murah Yang Wajib Kamu Datangi

calonarang
Pertunjukan Calonarang Yang Perlu Kamu Ketahui
January 13, 2017
Warnai Liburan Kamu di Bali dengan 6 Kegiatan Anti Mainstream Ini
January 31, 2017

Bali Timur merupakan salah satu destinasi favorit wisatawan mulai dari gunung, pantai hingga danau ada di kawasan ini. Tidak hanya wisata alam dan budayanya saja yang indah tetapi kuliner khas Bali Timur juga menarik untuk dicoba, apa saja? Berikut 4 makanan khas Bali Timur super enak dan murah yang wajib kamu datangi:

Baca juga:

Lakukan 6 Kegiatan Liburan Seru di Karangasem

5 Rekomendasi Tempat Makan Non Halal di Bali

5 Makanan Tradisional Bali yang Murah Meriah

 

1. Sate Lilit 

Photo Credit IG: @mdngrh

Photo Credit IG: @mdngrh

Jika kamu melakukan perjalanan ke Bali Timur, jangan lupa mencicipi sate lilit dan berbagai olahan ikan tuna khas Bali Timur. Biasanya satu porsi sate lilit disajikan dengan pepes ikan, sup ikan, dipadukan dengan plecing kangkung, kacang dan tentunya tak ketinggalan sambal matah. Kamu bisa menjumpai sate lilit yang terkenal di Warung Lesehan Mertha Sari atau di Pantai Lebih Gianyar.

Photo credit IG: @norhafiz.com

Photo credit IG: @norhafiz.com

Kamu tidak akan kecewa dengan rasanya dan bisa mengenyangkan perut dan siap melakukan perjalanan berikutnya. Harganya pun cukup terjangkau dan kamu bisa melihat langsung pembuatan sate lilit juga lho.

2. Ikan Mujair Nyat Nyat 

Photo Credit IG: @ceciliacindyy

Photo Credit IG: @ceciliacindyy

Lokasinya berada di daerah Kintamani, Bangli, kamu bisa menjumpai makanan terkenal di daerah ini yaitu Ikan Mujair Nyat Nyat. Ikan Mujair Nyat Nyat adalah ikan goreng mujair yang diracik dengan bumbu Bali “base genep”. Nah kamu bisa memilih ikan Mujair Nyat Nyat yang digoreng atau pun dibakar. Satu porsi Nyat Nyat disajikan lengkap dengan sambal matah dan plecing kangkung.

Photo Credit IG: @balikuliner

Photo Credit IG: @balikuliner

Ikan Mujair Nyat Nyat mudah ditemui di daerah ini, rekomendasi kami adalah Ikan Mujair Warung Pak Bagong, Restoran maupun Warung Pojok Sari sambil menikmati pemandangan Danau Batur yang cantik.

3. Nasi Sela 

Photo credit IG: @ittamukti

Photo credit IG: @ittamukti

Pernah merasakan nasi dicampur dengan potongan ubi kecil? Sela berasal dari bahasa Bali artinya ketela atau ubi. Ini merupakan kuliner khas Karangasem meski sekarang Nasi Sela sudah tersebar di seluruh Bali. Satu porsi nasi sela disajikan dengan berbagai macam lauk pauk misalnya ayam betutu, kulit ayam, pindang tongkol, sayur urap, kacang, sambal bongkot atau sambal matah.

Photo Credit IG: @deviswari

Photo Credit IG: @deviswari

Tentu saja dengan campuran tersebut semakin menggugah selera makan. Kamu bisa menjumpai nasi sela di Warung Mek Luh, lokasinya berada tepat di depan RSUD Karangasem.

4. Telengis 

Photo Credit IG: @platemapsbali

Photo Credit IG: @platemapsbali

Pernah mendengar kata telengis sebelumnya? Ini merupakan makanan khas Bali Timur sehingga sangat mudah menjumpai plecing telengis khususnya di daerah Sidemen dan Selat. Telengis dari bahasa Bali yang artinya minyak kelapa yang dibuat secara tradisional tanpa bantuan mesin sama sekali, yaitu yang sudah menjadi santan kelapa. Nah santan kelapa dimasak di api yang besar dan berubah menjadi minyak kelapa. Jika minyak dan airnya diambil maka akan tersisa ampasnya yang putih. Nah ampasnya itu disebut dengan telengis.

Photo Credit: facebook.com/nyoman.arta.33

Photo Credit: facebook.com/nyoman.arta.33

Telengis digunakan untuk berbagai makanan seperti plecing telengis, pepes tuna telengis maupun tipat telengis.

Yuk jelajah kuliner khas Bali Timur!

 

Feature image: norhafiz.com

Steffi Novita
Steffi Novita
She has passion for traveling the world and she definitely loves the ocean